KURIKULUM SEKOLAH
PROGRAM KERJA BIDANG KURIKULUM | |||
SMK YADIKA 7 BOGOR, TP. 2022 / 2023 | |||
KOMPONEN DAN BENTUK KEGIATAN | INDIKATOR PENCAPAIAN | ||
1 | Penyusunan Program Kerja Kurikulum | Tersusunnya program kerja bidang kurikulum SMK Yadika 7 Bogor, TP. 2022/2023 | |
2 | Penyusunan / pemantapan Peraturan Akademik | Terlaksananya Peraturan Akademik SMK Yadika 7 Bogor, TP 2022/2023 | |
3 | Penyusunan Jadwal Pelajaran Semester Ganjil TP 2022/2023 | Tersusunnya Jadwal Pelajaran semester ganjil TP. 2022/2023 | |
4 | Pengembangan Kurikulum SMK Yadika 7 Bogor | a | Tersusunnya Draft Dokumen KTSP hasil usulan dari DUDI dan perbaikan berdasarkan evaluasi |
b | Tersusunnya Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) | ||
c | Tersusunnya Kurikulum yang sesuai dengan POS dan peraturan yang berlaku | ||
d | Tersusunnya Kurikulum yang selaras dengan Industri | ||
e | Adanya Dokumen Kurikulum (KTSP dan KOS) TP. 2022/2023 yang telah ditanda tangani Kepala Sekolah, ditetapkan Komite Sekolah, diverifikasi oleh Pengawas Sekolah dan disahkan/divalidasi oleh Ka. Dinas Pendidikan setempat | ||
Pembagian Tugas Mengajar Guru | Tersusunnya Beban Mengajar Guru yang sesuai dengan peraturan dan struktur kurikulum yang berlaku | ||
Standar Proses | |||
1 | Pengadaan Buku Pelajaran (dari Pemerintah dan buku pendamping lainnya) | Adanya buku teks pelajaran, non teks dan modul pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik dalam proses pencapaian kompetensi | |
KOMPONEN DAN BENTUK KEGIATAN | INDIKATOR PENCAPAIAN | ||
2 | Pelatihan bagi guru | Guru terampil dan kompeten dalam pelaksanaan pembelajaran serta mampu menyusun soal bertipe HOTS | |
3 | Koordinasi Kepala Sekolah, Bidang Kurikulum, Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran | Semua unit kerja melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terkait peningkatan proses pembelajaran dan bimbingan dengan baik | |
4 | Rapat Koordinasi Kepala Sekolah, Pembina Kurikulum, Wali Kelas dengan orang tua wali siswa | Adanya persamaan persepsi antara orangtua siswa dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran | |
5 | Program Link and Match Dengan DUDI | Adanya hasil evaluasi dan rencana tindak lanjut | |
6 | Program Penguatan Karakter dan Program Literasi Sekolah | 1 | Adanya / terpeliharanya buku non teks pelajaran untuk dimanfaatkan dalam kegiatan literasi baca |
2 | Dimanfaatkannya buku bacaan yang ada di perpustakaan sekolah | ||
3 | Terselenggaranya kegiatan penguatan karakter (ibadah harian, kegiatan proyek, dll) | ||
7 | Pemantauan, Monitoring, dan Evaluasi Proses Pembelajaran | Adanya dokumen hasil supervisi dan evaluasi guru | |
Standar Penilaian | |||
1 | Sosialisasi Penilaian (komponen, teknik, dan instrumen penilaian) | Guru memahami tentang komponen, teknik, dan instrumen penilaian hasil belajar. | |
2 | Kegiatan Penilaian Harian (Ulangan Harian) | Adanya dokumen hasil pekerjaan peserta didik dan nilai hasil penilaian harian | |
3 | Kegiatan Penilaian Tengah Semester | Semua peserta didik melaksanakan penilaian tengah semester yang dibuktikan dengan berita acara dan daftar hadir PTS | |
KOMPONEN DAN BENTUK KEGIATAN | INDIKATOR PENCAPAIAN | ||
4 | Kegiatan Penilaian Akhir Semester Gasal | Terlaksananya
Penilaian akhir semester yang berkualitas Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester |
|
5 | Kegiatan Penilaian Akhir Tahun | Terlaksananya
Penilaian Akhir Tahun yang
berkualitas Adanya daftar hadir, berita acara pelaksanaan Penilaian akhir semester, POS dan Juknis Penilaian Akhir Semester dan laporan akhir semester |
|
6 | Kegiatan Ujian Sekolah | Terlaksananya
US yang berkualitas dan diikuti oleh semua peserta didik kelas XII, yang dibuktikan dengan adanya berita acara, daftar hadir, POS dan Juknis US serta Laporan Pelaksanaan US |
|
7 | Kegiatan Uji Kompetensi Keahlian | Uji Kompetensi Keahlian dilaksanakan bekerja sama dengan LSP | |
Standar Tendik | |||
1 | Ruangan praktek untuk semua jurusan sesuai ketentuan | Pembelajaran SMK 70% praktek dan 30% teori dilaksanakan setiap semester | |
Standar Sarana Prasarana | |||
1 | Sekolah memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang lengkap dan layak | Menyediakan unit kewirausahaan dan bursa kerja | |
Standar Pengelolaan Pendidikan | |||
1 | Sekolah melakukan perencanaan pengelolaan | 1 | Sekolah memiliki visi, misi dan tujuan yang sesuai ketentuan |
2 | Sekolah mengembangkan rencana kerja sekolah dengan ruang lingkup sesuai ketentuan RKJM, RKT, RKAS | ||
KOMPONEN DAN BENTUK KEGIATAN | INDIKATOR PENCAPAIAN | ||
2 | Program pengelolaan dilaksanakan sesuai ketentuan | 1 | Memiliki pedoman pengelolaan sekolah lengkap: menyusun pedoman, melaksanakan dan mengevaluasi seluruh program dan kegiatan |
2 | Menyelenggarakan kegiatan layanan kesiswaan; 1) Menetapkan petunjuk teknis PPDB; 2) layanan BP/BK; 3)melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler, kokurikuler; 4) pembinaan siswa unggul; 5) penelusuran alumni | ||
3 | Meningkatkan dayaguna pendidik dan tenaga kependidikan: 1) Program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan dikembangkan sesuai dengan kondisi sekolah; 2) reward-punishment bagi guru dan tendik; 3) menilai kinerja guru dan tendik | ||
4 | Melaksanakan kegiatan evaluasi diri/ EDS (Pemetaan mutu) | ||
5 | Membangun kemitraan dan melibatkan peran serta masyarakat serta lembaga lain yang relevan | ||
6 | Melaksanakan pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran: 1) Sekolah menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional yang mengatur; 2) peraturan akademik; 3) tata tertib; 4) penetapan kode etik sekolah bagi semua pihak; | ||
7 | Mekanisme penyampaian ketidakpuasan siswa dan penyelesaiannya mengenai penilaian hasil belajar | ||
Standar Pembiayaan | |||
Beban operasional sekolah sesuai ketentuan | 1 | Memiliki standar biaya yang diperlukan untuk membiayai kegiatan operasional nonpersonalia selama 1 (satu) tahun | |
2 | Terdapat standar biaya operasi non personalia per sekolah / program keahlian, per rombongan belajar, dan per siswa, serta besaran presentase minimum biaya alat tulis sekolah (ATS) dan bahan dan alat habis pakai (BAHP), | ||
KOMPONEN DAN BENTUK KEGIATAN | INDIKATOR PENCAPAIAN | ||
3 | Pengambilan keputusan dalam penetapan besarnya dana yang digali dari masyarakat sebagai biaya operasional dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak terkait (kepala sekolah melibatkan komite sekolah, perwakilan guru, perwakilan tenaga kependidikan, perwakilan siswa dan penyelenggara pendidikan/yayasan untuk swasta). | ||
Sekolah melakukan pengelolaan dana dengan baik | 1 | Pengaturan alokasi dana yang berasal dari APBD/APBN/Yayasan/sumber lainnya seperti adanya pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional | |
2 | Terdapat laporan pengelolaan dana | ||
3 | Memiliki laporan yang dapat diakses oleh pemangku kepentingan | ||
Mengetahui, | |||
Kepala SMK Yadika 7 Bogor | Pembina Kurikulum | ||
Rosanita Sinulingga, M.Pd | Melania Rukmini, SS |